Pengaruh E-Service Quality Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa/Wi Politeknik Cendana

Authors

  • Jennifer Candra a:1:{s:5:"en_US";s:18:"Politeknik Cendana";}
  • Rina Friska B. Siahan Politeknik Cendana
  • Ivone Ivone Politeknik Cendana
  • Kartika Sari Lubis STIM Sukma
  • Fahmi Sulaiman Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.86

Keywords:

E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, Efisiensi

Abstract

Perkembangan teknologi seperti lahirnya internat yang memudahkan manusia dalam mencari atau mengakses informasi. Alat komunikasi seperti handphone, yang dapat juga digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online atau e-commerce, perbankan, edukasi dan lainnya dengan bantuan internet. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce, di mana e-service quality menjadi salah satu pertimbangan dari kepuasan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa/wi Politeknik Cendana Medan. E-Service Quality didefinisikan sebagai perluasan di mana situs web memfasilitasi belanja, pembelian, dan pengiriman yang efisien dan efektif. Diukur persepsi pelanggan dengan indikator efficiency, fulfilment, system availabilityprivacy. Sedangkan, kepuasan pelanggan adalah sikap keseluruhan terhadap suatu barang atau jasa setelah pweolehan dan pemakaian. Dengan indikator kesesuaian, minat berkunjung kembali, kesediaan rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif, dengan jumlah sampel 75 responden dari populasi sebanyak 300 orang di Politeknik Cendana dengan teknik pengambilan sampel mengunakan non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil koefisien determinasi secara presentase adalah sebesar 14,3%. Maka dapat ditingkatkan e-service quality pada aplikasi maupun website Shopee untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Didik. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing, Cetakan Pertama, Padangsidimpuan: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Ansori, M dan Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan Pertama, Surabaya: Airlangga University Press.

Bunyamin. (2021). Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama, Surabaya: Unitomo Press.

Nashar, H. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat, Cetakan Pertama, Pamekasan: Duta Media Publishing.

Muchtar dan Hasbullah. (2020). Internet Marketing Strategi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Cetakan Pertama, Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Pertama, Bandung: Alfabeta, cv.

Jaya, I Made L.M, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Quadrant.

Tobagus, Anita. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Statisfaction pada Pengguna di Situs Tokopedia, Vol. 6. No. 1, 1-3. https://media.neliti.com

Rinjani, Dewi (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pengguna PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan – Tanjung Balai). Skripsi; Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (Online), https://repositori.usu.ac.id

Simanjuntak, E.H, (2020). Pengaruh E-Service Quality Lazada terhadap Kepuasan Konsumen pada Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatra Utara. Skripsi; Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (Online), https://repositori.usu.ac.id

Downloads

Published

2022-09-30 — Updated on 2022-09-30

How to Cite

Candra, J., Siahan, R. F. B., Ivone, I., Lubis, K. S., & Sulaiman, F. (2022). Pengaruh E-Service Quality Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa/Wi Politeknik Cendana. BISMA Cendekia, 3(1), 18–22. https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.86

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)