Studi Literatur: Analisis Efektivitas dan Pengaruh Aktivitas Pemasaran Melalui Media Sosial pada Merek

Authors

  • Arsa Fawwazie Universitas Labuhanbatu
  • Sumitro Sarkum Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v4i2.104

Abstract

Penelitian ditujukan untuk melakukan studi literasi pada artikel ilmiah dengan topik pemasaran pada media sosial, dengan jumlah artikel ilmiah yang dianalisis sebanyak 8 artikel.  Peningkatan akses terhadap internet yang semakin berkembang dan tersedianya lahan pemasaran yang baru di media sosial sebagai sarana pemasaran telah mengubah strategi pemasaran yang selama ini telah ada.  Perusahaan harus mampu mengahdapi digitalisasi yang terjadi, dengan menyesuaikna metode pemasaran digital yang paling baik bagi perusahaan. Penelitian terhadap dampak dan efektivitas aktivitas pemasaran pada media sosial perlu diketahui agar perusahaan dapat mempertimbangkan kepentingan dan keperluan yang berbeda di masing-masing industri. Aktivitas pemasaran melalui media sosial berdampak positif pada ekuitas merek serta kepercayaan pelanggan terhadap merek. Hal tersebut memberikan dampak pada munculnya loyalitas pelanggan terhadap merek. Keterlibatan pelanggan pada strategi pemasaran dapat memunculkan keterikatan dan kepercayan pelanggan terhadap merek. Penerapan metode pemsaran media sosial memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bilgin, Y. (2018). The Effect Of Social Media Marketing Activities On Brand Awareness, Brand Image And Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1). https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Chen, S. C., & Lin, C. P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities: The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological Forecasting and Social Change, 140, 22–32. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.11.025

Ebrahim, R. S. (2020). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19(4), 287–308. https://doi.org/10.1080/15332667.2019.1705742

Fariandi, R., & Ariani, D. W. (2022). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty for the Netflix brand. In Journal of Management Science (JMAS) (Vol. 5, Issue 1). Online. www.exsys.iocspublisher.org/index.php/JMAS

Fokina, O., & Barinov, S. (2019). Marketing concepts of customer experience in digital economy. E3S Web of Conferences, 135. https://doi.org/10.1051/e3sconf/201913504048

Lestari, M. C., & Sharif, O. O. (2023). The Influence Of Social Media Marketing Activities On Brand Trust, Brand Equity, And Brand Loyalty (Case Study On Instagram Shopee Indonesia). Jurnal Ekonomi, 12(03), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Masa’deh, R., Al-Haddad, S., Abed, D. Al, Khalil, H., Almomani, L., & Khirfan, T. (2021). The impact of social media activities on brand equity. Information (Switzerland), 12(11). https://doi.org/10.3390/info12110477

Nabilah, D., & Hasanah, Y. N. (2021). Analysis Of Social Media Marketing Activities On Customer Response Through Brand Equity. 21(2), 1411–1884. https://doi.org/10.25105/mrbm.v21i2

Singh Bist, A., Agarwal, V., Aini, Q., & Khofifah, N. (2022). Managing Digital Transformation in Marketing: “Fusion of Traditional Marketing and Digital Marketing.” International Transactions on Artificial Intelligence (ITALIC), 1(1), 18–27. https://doi.org/10.34306

Supriyanto, S., Fachrudin, K. A., Octavianus, H., Meliza, J., Hastalona, D., & Taslim, T. (2021). Indeks Malmquist: Studi Literatur dan Kajian Kinerja Perbankan Syariah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 1257–1265. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.816

Syaifullah, J., Syaifudin, M., Sukendar, M. U., & Junaedi, J. (2021). Social Media Marketing and Business Performance of MSMEs During the COVID-19 Pandemic. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 523–531. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.0523

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Fawwazie, A., & Sarkum, S. (2024). Studi Literatur: Analisis Efektivitas dan Pengaruh Aktivitas Pemasaran Melalui Media Sosial pada Merek. BISMA Cendekia, 4(2), 40–51. https://doi.org/10.56473/bisma.v4i2.104