Menciptakan Sebuah Keunggulan Bersaing Melalui Fungsi Manajemen Operasi pada Perusahaan Maskapai Penerbangan: Analisis SWOT Airasia
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.36Keywords:
SWOT, Keuanggulan Bersaing, AirAsiaAbstract
Tujuan dari peneiltian ini adalah untuk menetahui keunggulan bersaing Maskapai AirAsia menggunakan analasis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari analisis SWOT ini adalah Kekuatan: AirAsia adalah menawarkan penerbangan dengan harga murah tetapi dengan kualitas yang cukup baik, mengadakan promo pembelian tiket, cara pemesanan tiket yang beragam, menawarkan kemudahan dalam pembayaran, dan memiliki fasilitas check-in secara online, dan memiliki fasilitas bandara khusus di Malaysia. Kelemahan AirAsia yaitu: tidak memiliki pemeliharaan, perbaikan dan pemeriksaan fasilitas sendiri, penumpang harus membayar biaya tambahan atau biaya add-on jika ingin service yang lebih, tidak ada kerjasama dengan maskapai lain untuk mengembangkan rute yang belum dijangkau. Peluang: kebutuhan akan sarana transportasi udara masih sangat tinggi khususnya di Asia Tenggara, banyaknya objek pariwisata yang tersebar di Asia Tenggara dan khusunya Indonesia. Ancaman: kecelakaan, serangan teroris, dan bencana, peraturan penerbangan dan kebijakan pemerintah yang ada, gangguan sistem pada penjualan secara online, masuknya kompetitor atau penerbangan murah lain ke pasar, tanggapan masyarakat yang mengasumsikan biaya rendah dapat membahayakan keamanan.Downloads
References
Apinino, R. (2014). 5 Fakta Mengejutkan Tentang AirAsia. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2153517/5-fakta-mengejutkan-tentang-airasia
Ciamas, E. S., Yonggo, F., Yuliana, Anggraini, D., & Vincent, W. (2019). Analisis SWOT Produk Deposito Pada PT. Bank Mestika Dharma Tbk Cabang Pembantu Setiabudi. JURNAL ILMIAH KOHESI, 3(3).
Editor. (2010). Kisah sukses pemilik Air Asia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2010/11/101102_airasia
Editor, N. (2014). AirAsia Pindah dari LCCT ke Bandara Canggih KLIA2. https://ekonomi.bisnis.com/read/20140520/98/229547/airasia-pindah-dari-lcct-ke-bandara-canggih-klia2
Muhammad, A. (2015). Strategi Operasi Dan Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. In Jurnal Bisnis Strategi (Vol. 24, Issue 1, pp. 11–25). https://doi.org/10.14710/jbs.24.1.11-25
Nurdiyanto, W. (2019). 13 Fakta Menarik AirAsia yang Tak Banyak Diketahui Orang. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/233982/13-fakta-menarik-airasia-yang-tak-banyak-diketahui-orang#:~:text=TIMESINDONESIA%2C JAKARTA – AirAsia adalah maskapai,Filipina%2C India%2C dan Jepang.
Setiadi, T. (2017). Alternatif Strategi Low Cost Bagi Perusahaan Safe Our Planet. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5), 630–638.
Susanti. (2014). PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PEMILIHAN LOW COST CARRIER (STUDI KASUS MASKAPAI INDONESIA AIRASIA). Warta Penelitian Perhubungan, 26(9), 491–500.
Widajanti, E. (2014). PERAN STRATEGI OPERASI DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI PERUSAHAAN. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 14(1), 77–90.
Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1).
Yuliana, D. (2019). Strategi PT. Indonesia Air Asia Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Penerbangan Dalam Negeri di Bandara Husein Sastranegara - Bandung. Warta Penelitian Perhubungan, 25(5), 318–327. https://doi.org/10.25104/warlit.v25i5.734
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wili Chandra, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar Maulana Hutabarat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).