Menciptakan Sebuah Keunggulan Bersaing Melalui Fungsi Manajemen Operasi pada Perusahaan Maskapai Penerbangan: Analisis SWOT Airasia

Authors

  • Wili Chandra Politeknik Cendana
  • Ngajudin Nugroho Politeknik Cendana
  • Fauzi Akbar Maulana Hutabarat Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.36

Keywords:

SWOT, Keuanggulan Bersaing, AirAsia

Abstract

Tujuan dari peneiltian ini adalah untuk menetahui keunggulan bersaing Maskapai AirAsia  menggunakan analasis SWOT. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari analisis SWOT ini adalah Kekuatan: AirAsia adalah menawarkan penerbangan dengan harga murah tetapi dengan kualitas yang cukup baik, mengadakan promo pembelian tiket, cara pemesanan tiket yang beragam, menawarkan kemudahan dalam pembayaran, dan memiliki fasilitas check-in secara online, dan memiliki fasilitas bandara khusus di Malaysia. Kelemahan AirAsia yaitu: tidak memiliki pemeliharaan, perbaikan dan pemeriksaan fasilitas sendiri, penumpang harus membayar biaya tambahan atau biaya add-on jika ingin service yang lebih, tidak ada kerjasama dengan maskapai lain untuk mengembangkan rute yang belum dijangkau. Peluang: kebutuhan akan sarana transportasi udara masih sangat tinggi khususnya di Asia Tenggara, banyaknya objek pariwisata yang tersebar di Asia Tenggara dan khusunya Indonesia. Ancaman: kecelakaan, serangan teroris, dan bencana, peraturan penerbangan dan kebijakan pemerintah yang ada, gangguan sistem pada penjualan secara online, masuknya kompetitor atau penerbangan murah lain ke pasar, tanggapan masyarakat yang mengasumsikan biaya rendah dapat membahayakan keamanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apinino, R. (2014). 5 Fakta Mengejutkan Tentang AirAsia. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2153517/5-fakta-mengejutkan-tentang-airasia

Ciamas, E. S., Yonggo, F., Yuliana, Anggraini, D., & Vincent, W. (2019). Analisis SWOT Produk Deposito Pada PT. Bank Mestika Dharma Tbk Cabang Pembantu Setiabudi. JURNAL ILMIAH KOHESI, 3(3).

Editor. (2010). Kisah sukses pemilik Air Asia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2010/11/101102_airasia

Editor, N. (2014). AirAsia Pindah dari LCCT ke Bandara Canggih KLIA2. https://ekonomi.bisnis.com/read/20140520/98/229547/airasia-pindah-dari-lcct-ke-bandara-canggih-klia2

Muhammad, A. (2015). Strategi Operasi Dan Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. In Jurnal Bisnis Strategi (Vol. 24, Issue 1, pp. 11–25). https://doi.org/10.14710/jbs.24.1.11-25

Nurdiyanto, W. (2019). 13 Fakta Menarik AirAsia yang Tak Banyak Diketahui Orang. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/233982/13-fakta-menarik-airasia-yang-tak-banyak-diketahui-orang#:~:text=TIMESINDONESIA%2C JAKARTA – AirAsia adalah maskapai,Filipina%2C India%2C dan Jepang.

Setiadi, T. (2017). Alternatif Strategi Low Cost Bagi Perusahaan Safe Our Planet. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5), 630–638.

Susanti. (2014). PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PEMILIHAN LOW COST CARRIER (STUDI KASUS MASKAPAI INDONESIA AIRASIA). Warta Penelitian Perhubungan, 26(9), 491–500.

Widajanti, E. (2014). PERAN STRATEGI OPERASI DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI PERUSAHAAN. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 14(1), 77–90.

Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1).

Yuliana, D. (2019). Strategi PT. Indonesia Air Asia Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Penerbangan Dalam Negeri di Bandara Husein Sastranegara - Bandung. Warta Penelitian Perhubungan, 25(5), 318–327. https://doi.org/10.25104/warlit.v25i5.734

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Chandra, W., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Menciptakan Sebuah Keunggulan Bersaing Melalui Fungsi Manajemen Operasi pada Perusahaan Maskapai Penerbangan: Analisis SWOT Airasia. BISMA Cendekia, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.36