Pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Buana Rantai Berkat Abadi

Authors

  • Hartono Hartono a:1:{s:5:"en_US";s:9:"tidak ada";}

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.89

Keywords:

Purchase Decision

Abstract

Permasalahan mengenai penurunan keputusan pembelian memiliki pengaruh dari penetapan harga dimana sebagian besar pelanggan yang pernah membeli produk perusahaan merasa harga yang ditawarkan oleh perusahaan cukup tinggi sehingga membuat pelanggan merasa sedikit kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Buana Rantai Berkat Abadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 4.680 konsumen. Dikarenakan jumlah populasi yang digunakan adalah sebanyak 4.680 konsumen maka jumlah populasi akan diperkecil dengan teknik sampel slovin dengan tingkat kepercayaan 90% dan tingkat error 10% didapatkan sebanyak 98 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dan uji statistik yaitu uji-t (parsial) dengan menggunakan software SPSS (statistical package for the social sciences). Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa secara parsial variabel penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 25,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial, variabel penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian pelanggan di PT. Buana Rantai Berkat Abadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., Dennius, D., Arwin, A., Siemin Ciamas, E., & Wilinny, W. (2019). On The Job Training dan Off The Job Training Karyawan PT. Amir Hasan Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(1 Januari), 118–123.

Andrean, A., Ngajudin, N., Fauzi, A., Anggraini, D., & Supriyanto. (2021). Keterkaitan Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Aplikasi E-Commerce. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENSASI), Agustus), 240–244.

D. Darmis, HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI HARGA KAMAR. Solo: Yayasan Lembaga Gunung Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=W1VHEAAAQBAJ

D. M. A. Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish, 2018. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/329587407.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Hartono, H. (2022). Pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Buana Rantai Berkat Abadi. BISMA Cendekia, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.89