Pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Buana Rantai Berkat Abadi
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.89Keywords:
Purchase DecisionAbstract
Permasalahan mengenai penurunan keputusan pembelian memiliki pengaruh dari penetapan harga dimana sebagian besar pelanggan yang pernah membeli produk perusahaan merasa harga yang ditawarkan oleh perusahaan cukup tinggi sehingga membuat pelanggan merasa sedikit kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Buana Rantai Berkat Abadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 4.680 konsumen. Dikarenakan jumlah populasi yang digunakan adalah sebanyak 4.680 konsumen maka jumlah populasi akan diperkecil dengan teknik sampel slovin dengan tingkat kepercayaan 90% dan tingkat error 10% didapatkan sebanyak 98 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dan uji statistik yaitu uji-t (parsial) dengan menggunakan software SPSS (statistical package for the social sciences). Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa secara parsial variabel penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 25,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial, variabel penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian pelanggan di PT. Buana Rantai Berkat Abadi.
Downloads
References
Anggraini, D., Dennius, D., Arwin, A., Siemin Ciamas, E., & Wilinny, W. (2019). On The Job Training dan Off The Job Training Karyawan PT. Amir Hasan Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(1 Januari), 118–123.
Andrean, A., Ngajudin, N., Fauzi, A., Anggraini, D., & Supriyanto. (2021). Keterkaitan Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Aplikasi E-Commerce. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENSASI), Agustus), 240–244.
D. Darmis, HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI HARGA KAMAR. Solo: Yayasan Lembaga Gunung Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=W1VHEAAAQBAJ
D. M. A. Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish, 2018. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/329587407.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hartono Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).