Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Apotek Delima Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.57Abstract
Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi memudahkan setiap individu untuk mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan efisien. Seiring dengan perkembangan zaman, internet dapat lebih mudah di akses oleh masyarakat, bahkan di pelosok desa sekalipun. Dengan menggabungkan internet dan pemasaran maka pelaku usaha bisnis dapat meningkatkan exposure kepada konsumen untuk mengembangkan usahanya. Apotek Delima merupakan salah satu drug store yang menjual obat bebas, obat keras dan obat herbal yang sudah memiliki izin resmi sudah menerapkan strategi pemasaran online.Saat ini strategi pemasaran digital dianggap sebagai sebuah keharusan, karena dapat menghubungkan ke berbagai segmen pasar di berbagai kota baik nasional, regional, maupun internasional. Dengan memiliki inovasi dan kreativitas maka Apotek Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisi strategi S-W-O-T untuk meningkatkan penjualan Apotek Delima. Hasil penelitian ini adalah Apotek Delima mempraktikkan strategi pemasaran digital (digital marketing) secara online melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp yang terhubung dengan jangkauan konsumen yang lebih luas sejak 2019 dan sudah melakukan jualan secara online melalui E-commerce Shopee dan Tokopedia. Penerapan digital marketing yang dilaksanakan Apotek Delima dapat meningkatkan penjualan karena konsumen lebih luas, lebih dekat, dapat memeriksa kualitas dan reputasi produk, dan dapat melakukan transaksi secara online. Berdasarkan analisis SWOT, Apotek Delima Medan telah berada di posisi yang benar dan relevan, yaitu di kuadran I (pertumbuhan) dalam penerapan pemasaran digitalnya.
Downloads
References
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Ishak, A. M., & Farida, S. N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(1), 196–204. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i1.105
Kereh, F., Tumbel, A. L., Loindong, S. S. R., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 968–977. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20024
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Saifudin, M. C. (2020). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan produk kaos (Studi Kasus di Perusahaan Keysha Barokah). 08(01), 1–14.
Sapti, M., & Haryanti, S. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sari, I. A., Riniwati, H., & Harahap, N. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal ESCOFim, 3(1), 16–26.
Sudiyanto, T., & -, R. (2019). Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. Hti Bumi Persada Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 83–91. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2707
Yolanda, F. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Antenna Hdf Surabaya. 16, 231–239.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fahmi Sulaiman, Sri Eka Wulandari, Metya Lutviani, Diani Melan Samosir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).