Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Apotek Delima Kota Medan

Authors

  • Fahmi Sulaiman STIM Sukma
  • Sri Eka Wulandari Politeknik LP3I Medan
  • Metya Lutviani Politeknik LP3I Medan
  • Diani Melan Samosir Politeknik LP3I Medan
  • Dewi Shinta Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.57

Abstract

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi memudahkan setiap individu untuk mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan efisien. Seiring dengan perkembangan zaman, internet dapat lebih mudah di akses oleh masyarakat, bahkan di pelosok desa sekalipun. Dengan menggabungkan internet dan pemasaran maka pelaku usaha bisnis dapat meningkatkan exposure kepada konsumen untuk mengembangkan usahanya. Apotek Delima merupakan salah satu drug store yang menjual obat bebas, obat keras dan obat herbal yang sudah memiliki izin resmi sudah menerapkan strategi pemasaran online.Saat ini strategi pemasaran digital dianggap sebagai sebuah keharusan, karena dapat menghubungkan ke berbagai segmen pasar di berbagai kota baik nasional, regional, maupun internasional. Dengan memiliki inovasi dan kreativitas maka Apotek Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisi strategi S-W-O-T untuk meningkatkan penjualan Apotek Delima. Hasil penelitian ini adalah Apotek Delima mempraktikkan strategi pemasaran digital (digital marketing) secara online melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp yang terhubung dengan jangkauan konsumen yang lebih luas sejak 2019 dan sudah melakukan jualan secara online melalui E-commerce Shopee dan Tokopedia. Penerapan digital marketing yang dilaksanakan Apotek Delima dapat meningkatkan penjualan karena konsumen lebih luas, lebih dekat, dapat memeriksa kualitas dan reputasi produk, dan dapat melakukan transaksi secara online. Berdasarkan analisis SWOT, Apotek Delima Medan telah berada di posisi yang benar dan relevan, yaitu di kuadran I (pertumbuhan) dalam penerapan pemasaran digitalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Ishak, A. M., & Farida, S. N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(1), 196–204. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i1.105

Kereh, F., Tumbel, A. L., Loindong, S. S. R., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 968–977. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20024

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Saifudin, M. C. (2020). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan produk kaos (Studi Kasus di Perusahaan Keysha Barokah). 08(01), 1–14.

Sapti, M., & Haryanti, S. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sari, I. A., Riniwati, H., & Harahap, N. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal ESCOFim, 3(1), 16–26.

Sudiyanto, T., & -, R. (2019). Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. Hti Bumi Persada Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 83–91. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2707

Yolanda, F. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Antenna Hdf Surabaya. 16, 231–239.

Downloads

Published

2021-09-27 — Updated on 2021-09-30

How to Cite

Sulaiman, F., Wulandari, S. E., Lutviani, M., Samosir, D. M. ., & Wulandari, D. S. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Apotek Delima Kota Medan. BISMA Cendekia, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.57