Posisi Dosen Berdasarkan Kompetensi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19

Lecturer Position Based on Online Learning Competencies During the Covid-19 Pandemic

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Politeknik LP3I Medan
  • Wardayani Wardayani STIM Sukma
  • Ngajudin Nugroho Politeknik Cendana
  • Dewi Anggraini Politeknik Cendana
  • Yeni Rachmawati Politeknik LP3I Medan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.15

Keywords:

Posisi Dosen, Kompetensi Pembelajaran Online

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan proses belajar mengajar, yang sebelumnya menggunakan sistem luar jaringan (offline), kemudian berubah menjadi dalam jaringan (online). Perubahan tersebut mendorong adanya adaptasi dari sarana dan prasarana perkulian serta kesiapan dari mahasiswa maupun dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dosen berdasarkan kompetensi pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19.  Metode penelitian menggunakan metode deskriptif  yang bermaksud untuk melakukan pemetaan persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen berdasarkan pembelajaran online, sedangkan Metode analisis data yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS). Ghozali (2018), menyatakan bahwa  Multi Dimensional Scaling (MDS) merupakan teknik statistik yang digunakan untuk mengambarkan struktur dimensional seperangkat obyek atau stimuli. Populasi merupakan seluruh mahasiswa baru Politeknik Cendana Angkatan 2020,  dengan sampel sebanyak 30 orang, sedangkan obyek persepsi sebanyak 7 (tujuh) orang dosen pengampu mata kuliah pada Semeter I. Hasil penelitian diperoleh nilai persepsi terendah sebesar 3,67 dan  nilai persepsi tertinggi sebesar 8,20. Hasil uji statistik sesuai dengan Output Joint Plot terdapat 7 orang dosen yang terletak pada kuadran 1 dan 1 orang orang dosen terletak pada kuadran 3. Pada atribut persepsi terdapat 5 atribut yang terletak pada kuadran yang sama serta 1 atribut terletak pada kuadran yang berbeda.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dunwill, E. (2016). Teaching Principles Transferred to Online Courses: Strategies to Use. eLearning Best Practices.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. Semarang: Penerbit Undip.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97-102.

Suarjana, A. A. G. M., & Yintayani, N. N. (2017). Pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa pada jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 87.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Supriyanto, S., Wardayani, W., Nugroho, N., Anggraini, D., & Rachmawati, Y. (2021). Posisi Dosen Berdasarkan Kompetensi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19: Lecturer Position Based on Online Learning Competencies During the Covid-19 Pandemic. BISMA Cendekia, 1(2), 81–84. https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.15

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.