Posisi Dosen Berdasarkan Kompetensi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19
Lecturer Position Based on Online Learning Competencies During the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.15Keywords:
Posisi Dosen, Kompetensi Pembelajaran OnlineAbstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan proses belajar mengajar, yang sebelumnya menggunakan sistem luar jaringan (offline), kemudian berubah menjadi dalam jaringan (online). Perubahan tersebut mendorong adanya adaptasi dari sarana dan prasarana perkulian serta kesiapan dari mahasiswa maupun dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dosen berdasarkan kompetensi pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang bermaksud untuk melakukan pemetaan persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen berdasarkan pembelajaran online, sedangkan Metode analisis data yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS). Ghozali (2018), menyatakan bahwa Multi Dimensional Scaling (MDS) merupakan teknik statistik yang digunakan untuk mengambarkan struktur dimensional seperangkat obyek atau stimuli. Populasi merupakan seluruh mahasiswa baru Politeknik Cendana Angkatan 2020, dengan sampel sebanyak 30 orang, sedangkan obyek persepsi sebanyak 7 (tujuh) orang dosen pengampu mata kuliah pada Semeter I. Hasil penelitian diperoleh nilai persepsi terendah sebesar 3,67 dan nilai persepsi tertinggi sebesar 8,20. Hasil uji statistik sesuai dengan Output Joint Plot terdapat 7 orang dosen yang terletak pada kuadran 1 dan 1 orang orang dosen terletak pada kuadran 3. Pada atribut persepsi terdapat 5 atribut yang terletak pada kuadran yang sama serta 1 atribut terletak pada kuadran yang berbeda.
Downloads
References
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Dunwill, E. (2016). Teaching Principles Transferred to Online Courses: Strategies to Use. eLearning Best Practices.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. Semarang: Penerbit Undip.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.
Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97-102.
Suarjana, A. A. G. M., & Yintayani, N. N. (2017). Pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa pada jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 87.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Supriyanto Supriyanto, Wardayani Wardayani, Ngajudin Nugroho, Dewi Anggraini, Yeni Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).