Peran Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahamahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v3i3.102Abstract
Dosen Pembimbing Akademik (DPA) adalah seorang dosen yang diberi tugas khusus di samping mengajar juga untuk mengelola status mahamahasiswa tertentu. Adapun peran-peran dosen pembimbing akademik terdiri dari: pengelola kelas, organisator, fasilitator, pembimbing, informator, dan motivator. Minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan dan kebutuhannya sendiri. Adapun tiga faktor yang mendasari timbulnya minat antara lain: faktor dorongan dalam, faktor motivasi sosial, dan faktor emosional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan DPA dalam meningkatkan minat belajar mahamahasiswa Regular Glory ’21 di Politeknik Cendana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 20 orang dengan teknik sampling jenuh. Dengan hasil analisis data pada uji koefisien korelasi didapatkan 0,986. Untuk koefisien determinasi, hasil yang diperoleh dari peranan dosen pembimbing akademik dalam mempengaruhi minat belajar mahamahasiswa sebesar 97,2% dan sisanya sebesar 2,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara peranan dosen pembimbing akademik dalam meningkatkan minat belajar mahamahasiswa.
References
Weny*, N. Nugroho, D. Anggraini, S. Sofian, and E. Erwin, “Analisis Pelaksanaan Pelatihan Dan Pendidikan Pada PT . Bimasakti Mahawira Medan,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, no. Januari, pp. 87–91, 2019.
D. Anggraini, D. Dennius, A. Arwin, E. Siemin Ciamas, and W. Wilinny, “On The Job Training dan Off The Job Training Karyawan PT. Amir Hasan Medan,” J. Ilm. KOHESI, vol. 3, no. 1 Januari, pp. 118–123, 2019.
D. Anggraini, “Analisis Pengawasan Sistem Pengajaran di Edu Smart Learning Center Medan,” J. Ilman J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 19–27, 2019, doi: 10.35126/ilman.v7i1.80.
Z. Mustika, “Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran,” Intelektualita, vol. 3, no. 1, pp. 65–78, 2015.
R. Hidayat, S. Suhendri, and E. Sagala, “Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Dharmawangsa,” J. Dharmawangsa Univ., vol. 2, no. 2, pp. 118–130, 2012.
A. Basyit et al., “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN,” vol. 5, pp. 12–20, 2020.
I. Lestari, “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 3, no. 2, pp. 115–125, 2015, doi: 10.30998/formatif.v3i2.118.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
J. Maknun, “Evaluasi terhadap Sistem Pengendalian Intern pada Proses Pemberian Kredit Mikro Koperasi Simpan Pinjam (KSP),” Costing J. Econ. Bus. Account., vol. 2, no. 2, pp. 272–280, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).