Efektivitas Komunikasi Melalui Google Classroom

Communication Effectiveness Through Google Classroom

Authors

  • AGNITA YOLANDA a:1:{s:5:"en_US";s:21:"POLITEKNIK LP3I MEDAN";}
  • Novi Ismaya Br Saragih Politeknik LP3I Medan
  • Nurislimida Nurislimida Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.23

Keywords:

Efektivitas, Komunikasi, Google Classroom

Abstract

Selama masa pandemic covid-19 Mahasiswa dan dosen melalukan pembelajaran online dan berdiskusi melalui media sosial. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi melalui Google Classroom (Studi Tehadap Mahasiswa PLM Angkatan 2017). Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, Sampel yang diambil sebanyak 68 mahasiswa yang telah dihitung dengan menggunakan rumus slovin, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan kuesioner dengan  melakukan  pengolahan data melalui software excel dan pengolahan data SPSS V.21. Hasil penelitian berdasarkan 3 Indikator yaitu Intesitas, Komunikasi, dan kepuasaan, Penelitian ini dilakukan dengan cara  menyebarkan kuesioner kepada 68 responden dan  hasil penelitian menujukan bahwa indikator Intesitas memiliki nilai rata–rata tertinggi sebesar 4,47, Indikator Komunikasi memiliki nilai rata – rata sebesar 4,36 dan  Indikator  Kepuasaan memiliki nilai rata– rata sebesar 4,34. Dari hasil penelitian dilihat bahwa intesitaslah yang memiliki  keefektivitasan  komunikasi dalam masa pembelajaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, Y. & Ariyanto. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Priansa, (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sihombing, I.K. (2019). Komunikasi Pemasaran. Medan: Erlangga.

Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wahyuni, Y. L. (2017). Efektifitas Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp (StudiTerhadap Guru KPI 2012 di Whatsapp Pada Mahasiswa KPI Angkatan 2012). Yogyakarta.

Yolanda, A. Wijaya, K. Aditya, S. R. & Fitra, N. (2014). Efektivitas Penggunaan Komunikasi Nonverbal Pada Bank Syariah Mandiri Medan, Stabat dan Binjai. Jurnal BIS-A vol. 03, no. 02, p. 22, Juni 2014.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

YOLANDA, A., Saragih, N. I. B., & Nurislimida, N. (2021). Efektivitas Komunikasi Melalui Google Classroom: Communication Effectiveness Through Google Classroom. BISMA Cendekia, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.23

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.