Gaya Mengajar Dan Kepribadian Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris
(Studi kasus mahasiswa STIM Sukma, Medan)
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.53Keywords:
Gaya mengajar, kepribadian, motivasi, bahasa InggrisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa semester 3,5 dan 7 Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 79 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen serta motivasi belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisa regresi linier berganda yaitu secara simultan gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen berpengaruh dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,316 atau 31,60%, Sedangkan secara parsial gaya mengajar dosen tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris. Namun kepribadian dosen dalam mengajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris.
Downloads
References
Cahya.L. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Poncokusumo Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas Kanjurahan Malang, Vol. IV No.1.
Hidayani.R.W. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PPKn Kelas V SD Negeri Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Indah.N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Adminstrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. . . OJS Fakultas Sosial Universitas Negeri Makassar.
Isrul. (2017). Pengaruh Kepribadian Guru Biologi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Mattirosompe. Jurnal Biologi, Science and Education, Vol.VI.No.I.
Rajak.D, W. . (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Cirebon. Al-Tarbawi Al-Hadistah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.III No. 1.
Saleh.E.P. (2014). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo. Universitas Gorontalo.
Sari.P. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (studi gaya mengajar dosen pada mata kuliah matematikan program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif. Alphabeta. Bandung
Wulandari.T. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru. Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Bayang Kabupaten Psisir Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP-PGRI Sumatera Barat. Bayang Pesisir Selatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Edi Winata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).