Gaya Mengajar Dan Kepribadian Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris

(Studi kasus mahasiswa STIM Sukma, Medan)

Authors

  • Edi Winata STIM Sukma

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.53

Keywords:

Gaya mengajar, kepribadian, motivasi, bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa semester 3,5 dan 7 Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 79 orang mahasiswa.  Instrumen yang digunakan berupa kuesioner gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen serta motivasi belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisa regresi linier berganda yaitu secara simultan gaya mengajar dosen dan kepribadian dosen berpengaruh dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,316 atau 31,60%, Sedangkan secara parsial gaya mengajar dosen tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar  mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris. Namun kepribadian dosen dalam mengajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar  mahasiswa pada mata kuliah bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya.L. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Poncokusumo Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas Kanjurahan Malang, Vol. IV No.1.

Hidayani.R.W. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PPKn Kelas V SD Negeri Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Indah.N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Adminstrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. . . OJS Fakultas Sosial Universitas Negeri Makassar.

Isrul. (2017). Pengaruh Kepribadian Guru Biologi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Mattirosompe. Jurnal Biologi, Science and Education, Vol.VI.No.I.

Rajak.D, W. . (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Cirebon. Al-Tarbawi Al-Hadistah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.III No. 1.

Saleh.E.P. (2014). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo. Universitas Gorontalo.

Sari.P. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (studi gaya mengajar dosen pada mata kuliah matematikan program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif. Alphabeta. Bandung

Wulandari.T. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru. Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Bayang Kabupaten Psisir Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP-PGRI Sumatera Barat. Bayang Pesisir Selatan.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Winata, E. (2021). Gaya Mengajar Dan Kepribadian Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris: (Studi kasus mahasiswa STIM Sukma, Medan). BISMA Cendekia, 2(1), 45–48. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.53

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.