Strategi Pemasaran Produk Paket Pos Kilat Khusus Pada PT. Pos Indonesia

Marketing Strategic of Express Product Packages at PT. Pos Indonesia

Authors

  • Asri Sanusi Politeknik LP3I Medan
  • Asmaul Husna Politeknik LP3I Medan
  • Eka Wulandari Surbakti Politeknik LP3I Medan
  • Mifta Fathu Azmi Politeknik LP3I Medan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.10

Keywords:

Strategi Pemasaran, Karyawan, Konsumen, Targetting, Segmentation

Abstract

Langkah-langkah Penerapan Strategi Pemasaran melalui: Segmentasi Pasar (Market Segmentation), Penetapan Target Pasar (Market Targeting), Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning). Penelitian dilaksanakan pada kantor Pos Medan, di jalan Pos No1 Kesawan Medan Baru, Kota Medan Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis data penelitian melalui data primer dan data sekunder. Sumber data dari Internal dan Eksternal. Metode Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Metode Analsisi dilakukan melalui analisis data sebelum dilapangan dan analisis data dilapangan. Hasil penelitian diperoleh data bahwa segmentasi pasar dikantor Pos  memiliki wilayah penjualan mencakup 33 wilayah dikotamadya di propinsi Sumatera Utara yang mudah terjangkau oleh masyarakat, dalam mencapai kantor pos dan membeli produk layanan yang diberikan.  Kantor pos  juga bekerjasama dengan pebisnis besar dan pebisnis kecil. Penetapan Targeting Pasar yaitu pembisnis dalam bidang perbankan, telekomunikasi, asuransi, multifinance, penerbit dan percetakan. Sedangkan Positioning kantor pos memberikan keuntungan para pembisnis dalam pengiriman dokumen dan paket, melalui harga sepesial. Saran yang diberikan dalam Strategi Pemasaran, diharapkan lebih menekankan keaktifan dibagian pemasaran dalam memperluas pangsapasar dan membangun kerjasama melalui online. Selain itu, perlunya survei konsumen pada setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, & Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia.

Akhmad, J. (2017). Aplikasi Pemasaran & Salesmanship. Lentera Ilmu Cendikia.

Amstrong, & Kotler, P. (2015). Marketing In Introduction Prenticell Hall. Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, Inc.

Manap, A. H. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. CV Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik (Edisi 3). CV Andi Offest.

Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK DAIHATSU PADA DEALER DAIHATSU JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6451

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Sanusi, A., Husna, A., Surbakti, E. W., & Azmi, M. F. (2021). Strategi Pemasaran Produk Paket Pos Kilat Khusus Pada PT. Pos Indonesia: Marketing Strategic of Express Product Packages at PT. Pos Indonesia. BISMA Cendekia, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.10

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.