Strategi Pemasaran Produk Paket Pos Kilat Khusus Pada PT. Pos Indonesia
Marketing Strategic of Express Product Packages at PT. Pos Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.10Keywords:
Strategi Pemasaran, Karyawan, Konsumen, Targetting, SegmentationAbstract
Langkah-langkah Penerapan Strategi Pemasaran melalui: Segmentasi Pasar (Market Segmentation), Penetapan Target Pasar (Market Targeting), Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning). Penelitian dilaksanakan pada kantor Pos Medan, di jalan Pos No1 Kesawan Medan Baru, Kota Medan Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis data penelitian melalui data primer dan data sekunder. Sumber data dari Internal dan Eksternal. Metode Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Metode Analsisi dilakukan melalui analisis data sebelum dilapangan dan analisis data dilapangan. Hasil penelitian diperoleh data bahwa segmentasi pasar dikantor Pos memiliki wilayah penjualan mencakup 33 wilayah dikotamadya di propinsi Sumatera Utara yang mudah terjangkau oleh masyarakat, dalam mencapai kantor pos dan membeli produk layanan yang diberikan. Kantor pos juga bekerjasama dengan pebisnis besar dan pebisnis kecil. Penetapan Targeting Pasar yaitu pembisnis dalam bidang perbankan, telekomunikasi, asuransi, multifinance, penerbit dan percetakan. Sedangkan Positioning kantor pos memberikan keuntungan para pembisnis dalam pengiriman dokumen dan paket, melalui harga sepesial. Saran yang diberikan dalam Strategi Pemasaran, diharapkan lebih menekankan keaktifan dibagian pemasaran dalam memperluas pangsapasar dan membangun kerjasama melalui online. Selain itu, perlunya survei konsumen pada setiap tahunnya.
Downloads
References
Abdurrahman, & Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia.
Akhmad, J. (2017). Aplikasi Pemasaran & Salesmanship. Lentera Ilmu Cendikia.
Amstrong, & Kotler, P. (2015). Marketing In Introduction Prenticell Hall. Pearson Education, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, Inc.
Manap, A. H. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. CV Mitra Wacana Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik (Edisi 3). CV Andi Offest.
Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK DAIHATSU PADA DEALER DAIHATSU JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6451
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asri Sanusi, Asmaul Husna, Eka Wulandari Surbakti, Mifta Fathu Azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).