Pengaruh E-Service Quality Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa/Wi Politeknik Cendana
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.86Keywords:
E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, EfisiensiAbstract
Perkembangan teknologi seperti lahirnya internat yang memudahkan manusia dalam mencari atau mengakses informasi. Alat komunikasi seperti handphone, yang dapat juga digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online atau e-commerce, perbankan, edukasi dan lainnya dengan bantuan internet. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce, di mana e-service quality menjadi salah satu pertimbangan dari kepuasan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa/wi Politeknik Cendana Medan. E-Service Quality didefinisikan sebagai perluasan di mana situs web memfasilitasi belanja, pembelian, dan pengiriman yang efisien dan efektif. Diukur persepsi pelanggan dengan indikator efficiency, fulfilment, system availability, privacy. Sedangkan, kepuasan pelanggan adalah sikap keseluruhan terhadap suatu barang atau jasa setelah pweolehan dan pemakaian. Dengan indikator kesesuaian, minat berkunjung kembali, kesediaan rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif, dengan jumlah sampel 75 responden dari populasi sebanyak 300 orang di Politeknik Cendana dengan teknik pengambilan sampel mengunakan non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil koefisien determinasi secara presentase adalah sebesar 14,3%. Maka dapat ditingkatkan e-service quality pada aplikasi maupun website Shopee untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Gunawan, Didik. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing, Cetakan Pertama, Padangsidimpuan: PT. Inovasi Pratama Internasional.
Ansori, M dan Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan Pertama, Surabaya: Airlangga University Press.
Bunyamin. (2021). Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama, Surabaya: Unitomo Press.
Nashar, H. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat, Cetakan Pertama, Pamekasan: Duta Media Publishing.
Muchtar dan Hasbullah. (2020). Internet Marketing Strategi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Cetakan Pertama, Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Pertama, Bandung: Alfabeta, cv.
Jaya, I Made L.M, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Quadrant.
Tobagus, Anita. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Statisfaction pada Pengguna di Situs Tokopedia, Vol. 6. No. 1, 1-3. https://media.neliti.com
Rinjani, Dewi (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pengguna PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan – Tanjung Balai). Skripsi; Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (Online), https://repositori.usu.ac.id
Simanjuntak, E.H, (2020). Pengaruh E-Service Quality Lazada terhadap Kepuasan Konsumen pada Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatra Utara. Skripsi; Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (Online), https://repositori.usu.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jennifer Candra, Rina Friska B. Siahan, Ivone Ivone, Weny Weny, Fahmi Sulaiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).