Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Brayan Vegetarian Cemara Asri, Medan
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.62Keywords:
Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Brayan Vegetarian Medan. Sampel penelitian ini adalah 60 pelanggan yang melakukan pembelian sejak 10 Mei 2021 sampai 20 Mei 2021 pukul 12.00 sampai 15.00 W.I.B. dengan menggunakan teknik sampel insidental. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil uji normalitas untuk variabel kualitas produk dan loyalitas pelanggan sebesar 0,200 dimana nilai tersebut lebih besar dari signifikan standard (α) = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang di uji berdistribusi normal. Hasil uji korelasi antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sebesar 0,768. Hasil regresi linear sederhana adalah Y = 3,818 + 0,717 X yang berarti setiap bertambahnya atau meningkatnya 1 satuan kualitas produk maka akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 0,717 kali. Hasil uji koefisien determinasi bahwa variabel kualitas produk mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan sebesar 59%, sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian.
Kata kunci: Kualitas produk dan loyalitas pelanggan
Downloads
References
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.
Griffin, J. (2015). Customer Loyalty. Erlangga.
Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV. Jakad Publishing.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kususmasasti, I., Andarwati, & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.
M. Y. Noch & S. Husen. (2015). METODOLOGI PENELITIAN. Perdana Publishing.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24
Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Mediakom.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Zuhri, R. R. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Shampo Dove (Studi Pada Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara). 152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suheri Pransisco Sulistio, A Mahendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).