Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Brayan Vegetarian Cemara Asri, Medan

Authors

  • Suheri Pransisco Sulistio a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma";}
  • A Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.62

Keywords:

Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Brayan Vegetarian Medan. Sampel penelitian ini adalah 60 pelanggan yang melakukan pembelian sejak 10 Mei 2021 sampai 20 Mei 2021 pukul 12.00 sampai 15.00 W.I.B. dengan menggunakan teknik sampel insidental. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil uji normalitas untuk variabel kualitas produk dan loyalitas pelanggan sebesar 0,200 dimana nilai tersebut lebih besar dari signifikan standard (α) = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang di uji berdistribusi normal. Hasil uji korelasi antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sebesar 0,768. Hasil regresi linear sederhana adalah Y = 3,818 + 0,717 X yang berarti setiap bertambahnya atau meningkatnya 1 satuan kualitas produk maka akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 0,717 kali. Hasil uji koefisien determinasi bahwa variabel kualitas produk mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan sebesar 59%, sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian.

Kata kunci: Kualitas produk dan loyalitas pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.

Griffin, J. (2015). Customer Loyalty. Erlangga.

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV. Jakad Publishing.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kususmasasti, I., Andarwati, & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

M. Y. Noch & S. Husen. (2015). METODOLOGI PENELITIAN. Perdana Publishing.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Mediakom.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Zuhri, R. R. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Shampo Dove (Studi Pada Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara). 152.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Sulistio, S. P., & Mahendra, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Brayan Vegetarian Cemara Asri, Medan. BISMA Cendekia, 2(1), 54–58. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.62

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.