Relationship dan Syariah Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening
(Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad)
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i2.73Keywords:
Relationship Marketing, Syariah Marketing, Loyalitas Nasabah, Kepuasan NasabahAbstract
Industri perbankan syariah merupakan salah satu sektor bisnis yang mengalami pertumbuhan positif ditengah hantaman fenomena pandemi covid-19. Permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi perusahaan industri perbankan syariah saat ini yaitu membentuk nasabah loyal. Kecenderungan nasabah loyal di PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad bukan didasari oleh kepuasan, melainkan faktor diluar dari kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad dengan sampel yang diambil sebanyak 97 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, relationship marketing menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah tidak dapat memediasi pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah tidak dapat memediasi pengaruh syariah marketing terhadap loyalitas nasabah.
Downloads
References
Amalia, L. (2013). Analisis Hubungan Kepuasan Dengan Loyalitas Konsumen Terhadap Sepeda Motor Yamaha Vixion Pada Bengkel Abadi. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul Jakarta, 4(November), 1–13.
Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.
Dolarosa, I. A. (2014). PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JEMBER.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusti, P. D. W. (2019). Pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan peserta di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. 103.
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Penerbit Ghalia Indonesia.
Hutabarat, F. A. M., & Nugroho, N. (2020). Analisis Promosi Penjualan Sepeda Motor di Medan (Studi Kasus pada PT Daya Anugerah Motor). 1(September), 35–40.
Ismail, R. (2014). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI PREDIKTOR DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(2), 179–196.
Ivana, I., Chandra, W., Sutarno, S., Vincent, W., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran pada PT Karya Sukses Usaha Mandiri Medan. In M. Mesran (Ed.), Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENSASI) (pp. 281–284). Green Press.
Kandou, H. A., Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt.Bank Mandiri Kc.Dotulolong Lasut Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(004), 269401. https://doi.org/10.35797/jab.0.0.2017.17518.
Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing, cetakan III. Mizan Pustaka.
Khoiroh, L. (2017). ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK MARKETING SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG KEPANDEAN SERANG).
Marknesis, T. (2009). Costumer Satisfaction and Beyond (Vol. 26, Issue 4).
Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106. https://doi.org/10.1108/02634500710722425
Prasetiyaningrum, I. (2020). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING , KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING , KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ( Studi Kasus Pada Bank Bri Syariah KCP Majapahit Semarang ) SKRIPSI.
Rianto, B. R. (2021). Masa Depan Unit Usaha Syariah 2021.
Setiaji, F. (2019). Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing, Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bri Syariah Kcp Ungaran). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.
Situmorang, J. C. J., Hutabarat, F. A. M., Lan, W. P., Nugroho, N., & Lisa, L. (2021). Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. Journal of Economics and Accounting, 2(2), 51–54.
Tahuman, Z. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing. 445–460.
Utari, I. M. (2019). PENGARUH SYARIAH MARKETING DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH JASINDOOTO PADA PT ASURANSI JASINDO SYARIAH KP MEDAN. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Dimas Wardoyo, Zulhendry Zulhendry, Ismi Affandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).