E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian
(Studi pada Pengguna Tokopedia di Politeknik Cendana, Medan)
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.79Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana populasi dalam adalah mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Politeknik Cendana, Medan sebanyak 293 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 170 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji koefisien regresi linear sederhadan dan uji z sebagai pengujian hipotesis. Hasil analisis uji korelasi memperoleh nilai 0,568 yang berarti e-service quality memiliki hubungan yang searah terhadap keputusan pembelian. Pada hasil uji koefisien determinasi, e-service quality memiliki pengaruh sebesar 32,3% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor-faktor yang tidak disebutkan di dalam penelitian ini. Dan dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwasannya e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Politeknik Cendana, Medan.
Downloads
References
Ciptowening, A. K., Dewi, R. S., & Ngatno. (2021). Pengaruh E-service Quality dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 762–771.
Hidayah, R. T., & Utami, E. M. (2018). E-service Quality and E-Recovery Service Quality on E-Satisfaction Lazada.com. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 8(2), 257–274. https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.008.2.05
Iskandar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). GP Press.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Edisi 12 J). Erlangga.
Labibah, Z. (2018). Pengaruh E-service Quality dan Promosi Daring terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Pembelian Ulang pada Pemesanan Hotel di Situs Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).
Muchtarom, M. A., Widarko, A., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan E-service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA 2018). E-Journal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 11(7), 112–123.
Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2016). Pengaruh E-service Quality Dan E-Security Seals Terhadap E-Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Pendahuluan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(2), 127–134.
Puspa Firdausya, C., & Oktini, D. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Go-Jek di Bandung). Prosiding Manajemen, 5(1), 757–763.
Rozi, I. F., & Harti. (2017). Pengaruh E-service Quality terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Online (Konsumen Pembeli Tiket Kereta Api Online PT. KAI DAOP 8 Surabaya Gubeng). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 01(01), 118–122.
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251–260.
Silaen, S. (2018). Metode Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (C. Alfabeta (ed.)).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kenneth Khanady, Susanto Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).