Syariah Marketing, Kemudahan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah

(Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Setia Budi Medan)

Authors

  • Chelsea Delviera Damanik a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Politeknik Negeri Medan";}
  • Ismi Affandi Politeknik Negeri Medan
  • Diena Fadhilah Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i2.74

Keywords:

Syariah Marketing, Kemudahan, Citra Perusahaan dan Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel syariah marketing, kemudahan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada Nasabah Rahn PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan dengan sampel yang diambil sebanyak 76 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Uji Hipotesis syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, kemudahan menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,340, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031, kemudian untuk uji simultan seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dengan nilai signifikansi Fhitung sebesar 17.512 > Ftabel (2,73) dengan tingkat signifikan 0,000. Koefisien determinasi sebesar 42,2%, sedangkan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Kewirausahaan (Gaya Hidup).

Cahyani, N. (2015). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN.

Febriana, N. I. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti, P. D. W. (2019). Pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan peserta di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. 103.

Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. In Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–17).

Irawan, H. (2010). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan ke – 12. PT. Alex Media Komputindo.

Machali, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nazli, A. (2018). ANALISIS KEUNTUNGAN DAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH BANDA ACEH. 21, 1–174.

Simorangkir, M. (2019). Fenomena Fintech, Kemudahan Akses yang Dibarengi Risiko Individu.

Situmorang, J. C. J., Hutabarat, F. A. M., Lan, W. P., Nugroho, N., & Lisa, L. (2021). Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. Journal of Economics and Accounting, 2(2), 51–54.

Supriono, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 4(6), 35–56.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Damanik, C. D., Affandi, I., & Fadhilah, D. (2022). Syariah Marketing, Kemudahan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah: (Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Setia Budi Medan). BISMA Cendekia, 2(2), 85–89. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i2.74

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.