Syariah Marketing, Kemudahan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah
(Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Setia Budi Medan)
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i2.74Keywords:
Syariah Marketing, Kemudahan, Citra Perusahaan dan Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel syariah marketing, kemudahan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada Nasabah Rahn PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan dengan sampel yang diambil sebanyak 76 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Uji Hipotesis syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, kemudahan menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,340, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031, kemudian untuk uji simultan seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dengan nilai signifikansi Fhitung sebesar 17.512 > Ftabel (2,73) dengan tingkat signifikan 0,000. Koefisien determinasi sebesar 42,2%, sedangkan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang diteliti.
Downloads
References
Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Kewirausahaan (Gaya Hidup).
Cahyani, N. (2015). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN.
Febriana, N. I. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusti, P. D. W. (2019). Pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan peserta di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. 103.
Hasan, D. B. N. (2014). Syariah Marketing. In Jurnal Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–17).
Irawan, H. (2010). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan ke – 12. PT. Alex Media Komputindo.
Machali, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Nazli, A. (2018). ANALISIS KEUNTUNGAN DAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH BANDA ACEH. 21, 1–174.
Simorangkir, M. (2019). Fenomena Fintech, Kemudahan Akses yang Dibarengi Risiko Individu.
Situmorang, J. C. J., Hutabarat, F. A. M., Lan, W. P., Nugroho, N., & Lisa, L. (2021). Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. Journal of Economics and Accounting, 2(2), 51–54.
Supriono, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 4(6), 35–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Chelsea Delviera Damanik, Ismi Affandi, Diena Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).