Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Suku Cadang di UD Fit Motor Medan

Authors

  • Frenky Tanaka Politeknik Cendana
  • Arwin Arwin
  • Yuliana Yuliana Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian suku cadang di UD Fit Motor Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskripstif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dari wawancara terstruktur dilakukan melalui pengecekan validitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dimana sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam pengambilan sampel, jumlah informan yang diwawancara berjumlah 5 (lima) orang konsumen dengan pertimbangan sudah melakukan pembelian berulang selama 6 (enam) bulan terakhir. Penelitian in menggunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari informan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Metode analisis data mencakup 3 (tiga) kegiatan yakni reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen selalu mempertimbangkan harga sebelum melakukan pembelian dengan alasan kualitas produk ditentukan oleh harga dari suatu produk, konsumen selalu melihat produk terlebih dahulu secara langsung sebelum melakukan pembelian, konsumen memiliki lokasi yang dekat dengan lokasi usaha, konsumen membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian suku cadang di UD Fit Motor Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskripstif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dari wawancara terstruktur dilakukan melalui pengecekan validitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dimana sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam pengambilan sampel, jumlah informan yang diwawancara berjumlah 5 (lima) orang konsumen dengan pertimbangan sudah melakukan pembelian berulang selama 6 (enam) bulan terakhir. Penelitian in menggunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari informan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Metode analisis data mencakup 3 (tiga) kegiatan yakni reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen selalu mempertimbangkan harga sebelum melakukan pembelian dengan alasan kualitas produk ditentukan oleh harga dari suatu produk, konsumen selalu melihat produk terlebih dahulu secara langsung sebelum melakukan pembelian, konsumen memiliki lokasi yang dekat dengan lokasi usaha, konsumen membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Arwin, A., Ciamas, E. S., Siahaan, R. F. B., Vincent, W., & Rudy, R. (2019). Analisis Stress Kerja Pada PT. Gunung Permata Valasindo Medan. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 75–78.

Arwin, A., Lius, W., Mediyanti, S., Siahaan, R. F. B., & Utama, T. (2019). Analisis Penyusunan Anggaran Pada CV. Buana Raya Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1).

Arwin, A., Yuliana, Y., & Elika, E. (2021). Dampak Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT Teguh Jaya Mandiri): Impact of Leadership and Work Environment on Employee Performance (Case Study at PT Teguh Jaya Mandiri). BISMA Cendekia, 1(2), 60–66.

Evelyn, J., Arwin, A., Yuliana, Y., Siahaan, R. F. B., & Lisa, L. (2021). Dampak Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada CV Omama Opapa Food Industry Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 285–289.

Harahap, Z. P., Arwin, A., Yuliana, Y., Nugroho, N., & Ivone, I. (2021). Analisis Motivasi Kerja Karyawan di CV Fawas Jaya Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 507–511.

Imelda, I., Yuliana, Y., Arwin, A., Vincent, W., & Williny, W. (2021). Dampak Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada PT Bintang Anugrah Plafonindo Palembang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 273–277.

Martono, Arwin, A., Yuliana2, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (SENSASI), 3(1), 411–415.

Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Wandi, W., Arwin, A., Yuliana, Y., Ivone, I., & Ciamas, E. S. (2021). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada CV Mekarsari Bakery Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 486–490.

Widya, W., Arwin, A., Yuliana, Y., Ciamas, E. S., & Siahaan, R. F. B. (2021). Analisis Motivasi Karyawan di PT Citra Kesawan Selaras Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 491–495.

Yuliana, Y., Arwin, A., & Pratiwi, J. D. (2020). Dampak Gaji Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Cipta Mandiri Agung Jaya). BISMA Cendekia, 1(1), 1–6.

Yuliana, Y., Arwin, A., Supriyanto Supriyanto, D. A., & Siemin, E. (2020). A Study on the Challenges of Organisational Learning in Perguruan Tinggi Cendana, Medan-Indonesia. ICASI 2020: Proceedings of the 3rd International Conference on Advance & Scientific Innovation, ICASI 2020, 20 June 2020, Medan, Indonesia, 129.

Yuliana, Y., Lisa, L., Nancy, N., Chandra, W., & Aigan, W. (2019). Analisis Penerapan Promosi Pada PT. Adam Dani Lestari Medan. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 106–108.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Tanaka, F., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Suku Cadang di UD Fit Motor Medan. BISMA Cendekia, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.56473/bisma.v3i1.82