Tangibles Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi

Authors

  • AGNITA YOLANDA a:1:{s:5:"en_US";s:21:"POLITEKNIK LP3I MEDAN";}
  • Verawati R. Ginting Politeknik LP3I Medan
  • Ruri Aditya Sari Politeknik LP3I Medan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.64

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan sebuah Perguruan Tinggi. Dengan tujuan untuk memperoleh hasil tentang apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Politeknik LP3I Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan data yang didapat melalui observasi lapangan dan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa tingkat III T.A 2020/2021 semua jurusan. Populasi dalam penelitian ini kesluruhan dari jumlah mahasiswa/i Tingkat III Politeknik LP3I Medan, dengan sampel sebanyak 120 mahasiswa yang didominasi oleh jenis kelamin perempuan yakni berjumlah 71 orang (59,2%) sedangkan laki-laki berjumlah 49 orang (48,0%). Setelah data diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS Versi 22 dengan hasil yang menunjukkan  bahwa faktor bukti langsung dan kempat faktor lainnya berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Politeknik LP3I Medan. Faktor yang paling dominan adalah faktor bukti langsung sebesar 3,45, dan faktor dominan kedua adalah faktor keandalan sebesar 3,38, yang ketiga faktor jaminan sebesar 3,27, selanjutnya faktor empati sebesar 3,19 dan yang terakhir faktor daya tanggap sebesar 3,13. Secara umum, kelima faktor tersebut mempengaruhi kualitas pelayanan Politeknik LP3I Medan, namun faktor yang paling dominan berpengaruh adalah faktor bukti langsung dengan nilai rata-rata 3,45 dan dalam penilaian range interval dinyatakan baik terhadap kualitas pelayanan politeknik LP3I Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Lestari, P. E. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Waroeng Steak and Shake Cabang Margonda. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina SaranaInformatika, 18(2), 107 - 115.

Mulyati. (2016). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 79 - 82.

Panjaitan, E. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 265 - 289.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia.

Wati, H. L. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Politeknik LP3I Medan Kampus Medan Baru. Politeknik LP3I Medan.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

YOLANDA, A., Ginting, V. R., & Sari, R. A. (2021). Tangibles Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi. BISMA Cendekia, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i1.64