Analisis Efektifitas Penerimaan Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Kota Medan
Analysis of The Effectiveness of Advertisement Tax Receipts and The Contribution To Medan City Original Revenue
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v1i2.35Keywords:
Efektivitas, Kontribusi, Pajak IklanAbstract
Peningkatan pendapatan daerah dipengaruhi oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam menjalankan kewajibannya terutama dalam membayar pajak. Salah satu sumber pendapatan daerah yaitu pajak iklan. Pajak periklanan adalah salah satu sektor potensial untuk administrasi dan pengembangan administrasi kota di Medan. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah di Medan. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi tagihan iklan tahun 2015-2016 dan 2016-2017 terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Medan pada 2015-2016 sebesar (65,23%) sedangkan pada 2016-2017 (95,99%) . Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerimaan pajak iklan menggandakan kenaikan. Sedangkan kontribusi penerimaan pajak layanan perbankan untuk 2015-2016 adalah 0,19% dan 2016-2017 adalah 25,5%. Ini menggambarkan bahwa pemerintah Kota Medan belum dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan semua sumber penerimaan pajak reklame untuk layanan perbankan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame pada layanan perbankan.
Downloads
References
Atteng, Jovanly dan Saerang, David. 2016. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Manado Tahun 2011-2015. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.
Chidyasari, Nurulia. 2015. Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pajak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surabaya . Universitas Negeri Surabaya.
Elvi Syahria Maznawaty, Ventj Ilat, Inggriani Elim (2015). Analisis Penerimaan Pajak Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Maluku Utara. Jurnal EMBA. 3 (3). 906-915.
Masse.(2018). Analisis efektivitas kinerja retribusi pelayanan kebersihan dan kontribusinya terhadap poeningkatan pendapatan asli daerah.
Peraturan UU.No.6.(2013). Tentang Retribusi Daerah
Peraturan UU No 28 tahun 2009 pasal 1ayat 26 dan 27, Tentang Pajak Reklame
Peraturan UU.NO.16.(2009).Ketentuan umum dan tata cara perpajakan.
Peraturan UU.No.32.(2004). Tentang Pemerintah Daerah.
Peraturan wali kota N0.91.Tahun (2017). Tentang pelimpahan kewenangan
Perda Kota Medan UU.N0.11.Tahun (2011).Tentang pajak reklame.
Qusnul Khotimah (2014). “Analisis Potensi Efektifita Penerimaan Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah”. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. 1-13.
Resmi, Siti. 2013. Perpajakan: Teori dan Kasus, Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
Saleh.(2018). Pajak reklame sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame pada badan pengelola pajak dan retribusi daerah kota medan.
Samudra, A. A. ( 2015.). Perpajakan di Indonesia: Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers PT. Rajagrafindo Persada.
Sayugo, A. P. (2016). Pengaruh Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Berau. Jurnal Ekonomi Manajemen , Vol 10 No.1.
Siahaan, M. P. ( 2010). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada
Watini Sri, I. S. (2010). Pengaruh Pemungutan Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Kota Bandung,. Jurnal Akuntansi Vol.2 No.2 November , 181-201.
Yan, Yan. 2011. “Analisis Peranan dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Jambi”. Fakultas Ekonomi STIE MDP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 LAELISNENI LAELISNENI, Nurlela Nurlela, Liliy Karlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).