The Influence of Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Ayam Geprek QQ 78
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v5i1.147Keywords:
Kepuasan konsumen, Loyalitas pelanggan Industri makananAbstract
Dengan banyaknya persaingan para pengusaha yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman seperti rumah makan, sangat memicu para pengusaha dalam memberikan kepuasan kepada konsumen agar menciptakan loyalitas pelanggan yang membuat para pengusaha memenangkan persaingan dan mendapatkan keuntungan bagi mereka. Salah satunya adalah Ayam Geprek QQ 78. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang diambil menggunakan data primer, dengan membagikan kuesioner (angket) dengan metode teknik sampling incidental, dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang diambil dari populasi. Dimana hasil penelitian di Ayam Geprek QQ 78 dimana nilai dari pengujian hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu nilai thitung (15,292) juga memiliki nilai yang lebih besar dari ttabel (2,0796) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dimana kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,914. Artinya setiap peningkatan kepuasan konsumen sebesar 1 satuan, maka loyalitas pelanggan akan meningkat sebesar 91,4%
Downloads
References
Chinomona, R., & Dubihlela, D. (2014). Does customer satisfaction lead to customer trust, loyalty and repurchase intention of local store brands? The case of gauteng province of South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(9), 23–32. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n9p23
Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.160
Fatmawati, F., Nur, Y., & Mariah, M. (2023). Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dapur Ummu Hisyam (Outlet 04 Jl. Poros Maros - Makassar). Manuver, 1(3), 292–303.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Hurriyati, R., & Gunarto, M. (2019). Metode Statistika Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen dengan Aplikasi Program SPSS. Refika Aditama.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Jeffryanto, J., & Dini, Y. I. F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada Restoran Cepat Saji Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1225–1252. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2479
Nurdiyansyah, D., & Dewi, D. A. L. (2013). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen yang dimoderasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Rembang). Potensio, 18(2), 136–146.
Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu. In Jember: Cahaya Ilmu (Issue July).
Qomarsyah, M. M., Mahyarni, M., & Romus, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 2(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v2i1.1367
Rahayu, S. (2019). Kepuasan & Loyalitas Pelanggan terhadap Obyek Wisata. Penerbit Anugrah Jaya.
Ria Octavia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPP Versi 20. Kencana Persada Media Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (C. Alfabeta (ed.)).
Tjiptono, F. (2019). Service, Quality, dan Satisfaction. PENERBIT ANDI.
Walean, A. glady, Lapian, S. L. H. . J., & Soepeno, D. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek ( Studi Pada Konsumen Pengguna Provider Kartu Telekomunikasi Tri Di Manado ). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(01), 116–126. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/53678%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/53678/45320
Widiastuti, R. (2024). Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk ,Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Reni. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, Dan Pajak, 1(1), 31–52.
Windarto, R. D., Kusnandar, K., & Antriyandarti, E. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Dialog Kopi di Sukoharjo. Jurnal Agribisnis, 25(2), 637–246.
Yani, A., Khotimah, K., Fitria, L., & Syafwandi, S. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Edunomika, 8(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendri Hendri, Nurintan Asyah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).











