Analisis Tingkat Kualitas Website Terhadap E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang diberikan oleh Shopee kepada konsumennya. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Dalam penelitian ini dapat didefenisikan permasalahan yang terjadi seperti banyaknya pesaing yang menawarkan produk-produk sejenis, terdapat beberapa hal mengenai ketidakpuasan konsumen dari dimendsi bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), , dan kepedulian (empathy). Batasan dalam penelitian ini hanya pada analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan situs online shop Shopee. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan teknik Analisis Importance Performace. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu masih terdapat beberapa pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Shopee berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan pada bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy).
Downloads
References
Ardiansyah, Y., & Jumhur, H. M. (2020). Analisis Kualitas Website Lazada Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (studi Kasus Pengguna Lazada Di Kab. Ngawi). EProceedings of Management, 7(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/12055.
Ayudhitama, A. P., & Pujianto, U. (2020). ANALISA KUALITAS DAN USABILITY BERDASARKAN PERSEPSI PADA WEBSITE SHOPEE. Jurnal Informatika Polinema, 6(1), 61-70. https://doi.org/10.33795/jip.v6i1.275
Barus, E. E., Suprapto, S., & Herlambang, A. (2017). Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1483–1491. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1226
Basrah Saidani, Monita Lusiana, L., & Shandy Aditya. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK MINAT PEMBELIAN ULANG PADA PELANGGAN SHOPEE. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425 - 444. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/12319.
Budihartanti, C., Rusiyati, S., & Badrul, M. (2019). EVALUASI KUALITAS WEBSITE BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 3(4), 63-69..
Faridzie, M. R. R. A., & Pradana, M. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada E-commerce Elevenia. EProceedings of Management, 8(5). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16137
Fatmala, W. S., Suprapto, S., & Rachmadi, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 175–183. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/753
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). PENGARUH TAMPILAN WEB DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Jeki Saputra, S Satrianansyah, Harma, & Rahman, T. (2021). Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 318–327. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v5i1.324
Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), 80–85. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955
Nugroho, N., Yuliana, & Hutabarat, F. A. M. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Politeknik Di Kota Medan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 278–286. https://doi.org/https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.773 Info
Pamungkas, R. A. (2019). ANALISIS KUALITAS WEBSITE SMK NEGERI 2 SRAGEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIST (IPA). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 12. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220
Ruslan, R. (2013). Metodelogi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:PT. Grafindo Persada.
Wantoro, A. (2020). KOMBINASI METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDTIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENENTUKAN WEBSITE E-COMMERCE TERBAIK. SISTEMASI, 9(1), 131. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.608
Wijaya, H. O. L. (2018). IMPLEMENTASI METODE PIECES PADA ANALISIS WEBSITE KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA LUBUKLINGGAU. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 46–55. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.289 J. Ekonomi, D. Andalas, A. Kualitas, and W. Tiket, “Jurnal ekonomi & bisnis dharma andalas,” vol. 19, no. 1, pp. 82–91, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elies Fifit Sujayanti, Satrianansyah Satrianansyah, Harma Oktafia Lingga Wijaya, Elmayati Elmayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).











