Analisis Tingkat Kualitas Website Terhadap E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA)

Authors

  • Elies Fifit Sujayanti Universitas Bina Insan
  • Satrianansyah Satrianansyah Universitas Bina Insan
  • Harma Oktafia Lingga Wijaya Universitas Bina Insan
  • Elmayati Elmayati Universitas Bina Insan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v4i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang diberikan oleh Shopee kepada konsumennya. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Dalam penelitian ini dapat didefenisikan permasalahan yang terjadi seperti banyaknya pesaing yang menawarkan produk-produk sejenis, terdapat beberapa hal mengenai ketidakpuasan konsumen dari dimendsi bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), , dan kepedulian (empathy). Batasan dalam penelitian ini hanya pada analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan situs online shop Shopee. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan teknik Analisis Importance Performace. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu masih terdapat beberapa pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Shopee berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan pada bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Y., & Jumhur, H. M. (2020). Analisis Kualitas Website Lazada Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (studi Kasus Pengguna Lazada Di Kab. Ngawi). EProceedings of Management, 7(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/12055.

Ayudhitama, A. P., & Pujianto, U. (2020). ANALISA KUALITAS DAN USABILITY BERDASARKAN PERSEPSI PADA WEBSITE SHOPEE. Jurnal Informatika Polinema, 6(1), 61-70. https://doi.org/10.33795/jip.v6i1.275

Barus, E. E., Suprapto, S., & Herlambang, A. (2017). Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1483–1491. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1226

Basrah Saidani, Monita Lusiana, L., & Shandy Aditya. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK MINAT PEMBELIAN ULANG PADA PELANGGAN SHOPEE. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425 - 444. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/12319.

Budihartanti, C., Rusiyati, S., & Badrul, M. (2019). EVALUASI KUALITAS WEBSITE BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 3(4), 63-69..

Faridzie, M. R. R. A., & Pradana, M. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada E-commerce Elevenia. EProceedings of Management, 8(5). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16137

Fatmala, W. S., Suprapto, S., & Rachmadi, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 175–183. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/753

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). PENGARUH TAMPILAN WEB DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Jeki Saputra, S Satrianansyah, Harma, & Rahman, T. (2021). Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 318–327. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v5i1.324

Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), 80–85. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955

Nugroho, N., Yuliana, & Hutabarat, F. A. M. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Politeknik Di Kota Medan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 278–286. https://doi.org/https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.773 Info

Pamungkas, R. A. (2019). ANALISIS KUALITAS WEBSITE SMK NEGERI 2 SRAGEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIST (IPA). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 12. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220

Ruslan, R. (2013). Metodelogi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:PT. Grafindo Persada.

Wantoro, A. (2020). KOMBINASI METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDTIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENENTUKAN WEBSITE E-COMMERCE TERBAIK. SISTEMASI, 9(1), 131. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.608

Wijaya, H. O. L. (2018). IMPLEMENTASI METODE PIECES PADA ANALISIS WEBSITE KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA LUBUKLINGGAU. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 46–55. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.289 J. Ekonomi, D. Andalas, A. Kualitas, and W. Tiket, “Jurnal ekonomi & bisnis dharma andalas,” vol. 19, no. 1, pp. 82–91, 2017.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sujayanti, E. F., Satrianansyah, S., Wijaya, H. O. L., & Elmayati, E. (2023). Analisis Tingkat Kualitas Website Terhadap E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA). BISMA Cendekia, 4(1), 30–39. https://doi.org/10.56473/bisma.v4i1.61