The Influence of Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Ayam Geprek QQ 78

Authors

  • Hendri Hendri Universitas Labuhan Batu
  • Nurintan Asyah Siregar Universitas Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v5i1.147

Keywords:

Kepuasan konsumen, Loyalitas pelanggan Industri makanan

Abstract

Dengan banyaknya persaingan para pengusaha yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman seperti rumah makan, sangat memicu para pengusaha dalam memberikan kepuasan kepada konsumen agar menciptakan loyalitas pelanggan yang membuat para pengusaha memenangkan persaingan dan mendapatkan keuntungan bagi mereka. Salah satunya adalah Ayam Geprek QQ 78. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang diambil menggunakan data primer, dengan membagikan kuesioner (angket) dengan metode teknik sampling incidental, dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang diambil dari populasi. Dimana hasil penelitian di Ayam Geprek QQ 78 dimana nilai dari pengujian hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu nilai thitung (15,292) juga memiliki nilai yang lebih besar dari ttabel (2,0796) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dimana kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,914. Artinya setiap peningkatan kepuasan konsumen sebesar 1 satuan, maka loyalitas pelanggan akan meningkat sebesar 91,4%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chinomona, R., & Dubihlela, D. (2014). Does customer satisfaction lead to customer trust, loyalty and repurchase intention of local store brands? The case of gauteng province of South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(9), 23–32. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n9p23

Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.160

Fatmawati, F., Nur, Y., & Mariah, M. (2023). Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dapur Ummu Hisyam (Outlet 04 Jl. Poros Maros - Makassar). Manuver, 1(3), 292–303.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Hurriyati, R., & Gunarto, M. (2019). Metode Statistika Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen dengan Aplikasi Program SPSS. Refika Aditama.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Jeffryanto, J., & Dini, Y. I. F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada Restoran Cepat Saji Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1225–1252. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2479

Nurdiyansyah, D., & Dewi, D. A. L. (2013). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen yang dimoderasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Rembang). Potensio, 18(2), 136–146.

Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu. In Jember: Cahaya Ilmu (Issue July).

Qomarsyah, M. M., Mahyarni, M., & Romus, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 2(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v2i1.1367

Rahayu, S. (2019). Kepuasan & Loyalitas Pelanggan terhadap Obyek Wisata. Penerbit Anugrah Jaya.

Ria Octavia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPP Versi 20. Kencana Persada Media Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (C. Alfabeta (ed.)).

Tjiptono, F. (2019). Service, Quality, dan Satisfaction. PENERBIT ANDI.

Walean, A. glady, Lapian, S. L. H. . J., & Soepeno, D. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek ( Studi Pada Konsumen Pengguna Provider Kartu Telekomunikasi Tri Di Manado ). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(01), 116–126. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/53678%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/53678/45320

Widiastuti, R. (2024). Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk ,Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Reni. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, Dan Pajak, 1(1), 31–52.

Windarto, R. D., Kusnandar, K., & Antriyandarti, E. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Dialog Kopi di Sukoharjo. Jurnal Agribisnis, 25(2), 637–246.

Yani, A., Khotimah, K., Fitria, L., & Syafwandi, S. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Edunomika, 8(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Hendri, H., & Siregar, N. A. (2024). The Influence of Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Ayam Geprek QQ 78. BISMA Cendekia, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.56473/bisma.v5i1.147

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.