Disiplin Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Menggunakan SEM

Authors

  • Guan Damsi Universitas Bina Insan
  • Surajiyo Surajiyo Universitas Bina Insan
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Bina Insan
  • Muhammad Yusuf Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v3i3.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji untuk disiplin terhadap kinerja guru, disiplin terhadap motivasi. motivasi terhadap kinerja guru, dan disiplin terhadap kinerja guru melalui ,motivasi sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Muara Beliti dengan jumlah populasi 44 orang. Metode penelitian ini memanfaatkan penelitian kuantitatif dengan memakai korelasi kausal serta jenis data primer. Teknik pemungutan data menggunakan melakukan wawancara dan observasi dengan media kuisioner. Metode analisis memakai Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SMART-PLS(Partial Least Square)  tiga.0. Akibat penelitian memberikan konstruk eksogen disiplin memiliki dampak positif dengan konstruk kinerja guru. Nilai t-statistik sebesar 2,302 lebih besar dari 1.96. serta pada konstruk eksogen disiplin berpengaruh positif dan signifikan (O=0.325) dengan konstruk motivasi. Nilai t-statistik ini sebesar 2.313 lebih besar dari 1.96. untuk motivasi tidak berpengaruh positif dengan konstruk kinerja guru. Nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini sebesar 0,209 lebih kecil dari 1.96, dan nilai p value sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. di nilai indirect effect untuk pengaruh disiplin terhadap kinerja guru melalui motivasi, nilai t-statistik 0.014 lebih kecil dari 1,96 (t-tabel). Dengan Nilai signifikansi 0,184. Serta hasil Uji Goodness Of Fit (GOF) diperoleh nilai 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiratno, Sofa Nurdiyanti, A. D. R. (Ed.). (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: : Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (juni 2019).

Ali, M. (2017). Analisis Pengaruh Disiplin, Pelatihan Dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sdn Gugus I Kecamatan Kuantan Tengah. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 783–793.

Aprileoni, W. P., Rulina, D., & Seftiawan, R. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 297. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4549

Emron Edison, Yohny Anwar, I. K. (Ed.). (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (ketiga).

Hidayat1), S., Khotimah2), S. H., 1, 2Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, S. T. A. I., & ALHIKMAH JakartaKota, C. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smpit Kecamatan Cimanggis Kota Depok. 2(6), 1747–1754.

Kasmanah, A. (Ed.). (2018). Kinerja dan Profesionalisme Guru (kedua). Alpabeta

Malyani, L. (Ed.). (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (pertama).

Pranoto, P. S. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(2), 27–34.

Putu, I. G., Suastina, B., Nuada, I. W., Faezal, M., & Fitri, S. M. (2021). Pengaruh Motivasi , Pelatihan , Disiplin Dan Pengembangan Karir Terhadap. 07(02), 105–112.

Sampeliling, A. (2016). Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kedisiplinan Kerja Pegawai Bagian Umum Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Kinerja, 12(1), 1–17.

Sandiasih, S. (Ed.). (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (empat bela).

Siswoyo Haryono (Ed.). (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0 (pertama, 2).

Sujarweni, v. ratna (Ed.). (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.

Sujarweni, V. W. (Ed.). (2019). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS & EKONOMI (PUSTAKABAR).

Surajiyo, S., Idayati, I., & Aziz, H. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Dinas Perehubungan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 26(1), 11–23. https://doi.org/10.32767/jurmek.v26i1.1245

Sutrisno, E. (Ed.). (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (pertama).

Vani, E. P., & Sridadi, A. R. (2020). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Guru Smpn Di Kecamatan X Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekbis, 21(1), 53. https://doi.org/10.30736/je.v21i1.323

Wibowo, G. P. (2019). Analisa Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bondowoso). Jurnal Universitas Muhammadiyah, 7.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Damsi, G., Surajiyo, S., Nasruddin, N., & Yusuf, M. (2023). Disiplin Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Menggunakan SEM. BISMA Cendekia, 3(3), 80–89. https://doi.org/10.56473/bisma.v3i3.96