Penerapan QFD untuk Menetapkan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Maha Vihara Maitreya Medan
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v4i3.187Keywords:
Quality Function Deployment, House of Quality, Service QualityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Maha Vihara Maitreya Medan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Sampel penelitian sebanyak 97 responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Data dikumpulkan melalui kuesioner dua tahap: kuesioner terbuka untuk identifikasi atribut layanan dan kuesioner tertutup untuk pengukuran kepentingan serta kepuasan pengunjung. Analisis dilakukan menggunakan matriks House of Quality (HoQ) untuk menghubungkan kebutuhan pengunjung (Voice of Customer) dengan respon teknis pengelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling perlu ditingkatkan adalah kesabaran staf dalam melayani pengunjung (IR = 1,72), diikuti dengan kesediaan staf membantu pengunjung (IR = 1,63) dan empati staf terhadap pengunjung (IR = 1,37). Prioritas tindakan teknis yang direkomendasikan mencakup pelatihan staf (training), pembinaan moral dan sopan santun, serta penerapan standar operasional (SOP) pelayanan. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan QFD dapat menjadi alat strategis bagi lembaga keagamaan dalam meningkatkan kualitas layanan berbasis suara pelanggan (customer-driven service improvement).
Downloads
References
Febrina, S. (2020). IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK AIR KEMASAN. Universitas Hasanuddin Makassar.
Herman, H., Amrina, E., & Bora, M. A. (2022). Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Sigma Teknika, 5(1), 001–011. https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v5i1.4090
Jamily, M. H. (2018). Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Laundry Thoyyiba Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Function Deployment [Universitas Muhammadiyah Gresik]. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kang, X., Yang, M., Wu, Y., & Ni, B. (2018). Integrating Evaluation Grid Method and Fuzzy Quality Function Deployment to New Product Development. Mathematical Problems in Engineering, 2018, 1–15. https://doi.org/10.1155/2018/2451470
Lestari, R., Wardah, S., & Ihwan, K. (2020). Analisis Pengembangan Pelayanan Jasa Tv Kabel Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( Qfd ). Jisi: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 7(1), 57–63.
Mizani, F. A. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERIPIK BUAH SALAK KHAS MALANG dengan MENGGUNAKAN METODE KANO dan QFD (QUALITY FUNGTION DEPLOYMENT). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Nanna, S. (2019). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Lappariaja Kabupaten Bone. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Oktavirinaldy, M. R., Hadi, R. M. El, & Dellarosawati, M. (2020). PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN PADA USAHA IBE FURNITUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) IMPROVING. 7(1), 1964–1978.
Putri, J. Y. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Masjid Agung Madani Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan. Riau: Universitas Pasir Pengaraian.
Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.
Sentosa, R., Lahindah, L., & Gandajaya, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Quality Function Deployment Pada Modern Laundry Cirebon. Bina Ekonomi, 25(1), 76–94. https://doi.org/10.26593/be.v25i1.5219.76-94
Yuan, J., Zhang, Z. M., Yüksel, S., & Di̇Nçer, H. (2020). Evaluating Recognitive Balanced Scorecard-Based Quality Improvement Strategies of Energy Investments With the Integrated Hesitant 2-Tuple Interval-Valued Pythagorean Fuzzy Decision-Making Approach to QFD. IEEE Access, 8, 171112–171128. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3023330
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Carolina Catherine, Susanto Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).











