Business Sphere terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage pada Kedai Kopi di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.77Keywords:
Business Sphere, Business Performance, Competitive Advantage.Abstract
UMKM di Indonesia telah tumbuh menjadi bagian penting dari sistem perekonomian negara. Lingkungan bisnis (Business Sphere), kinerja bisnis (Business Performance), dan keunggulan kompetitif semuanya berdampak pada UMKM (Competitive Advantage). Salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sedang berkembang cukup pesat di Indonesia adalah usaha kedai kopi. Bisnis kedai kopi atau Coffee Shop menjadi salah satu bisnis yang sangat prospektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Business Sphere terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage pada kedai kopi di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik kedai kopi di Kota Medan. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Business Sphere berpengaruh terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage sebagai Variabel Intervening dalam pengaruhnya terhadap pemilik kedai kopi di Kota Medan.
Downloads
References
Aulia, M. R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kedai Kopi Skala Mikro Dan Kecil Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i3.479
Chandra, W., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Menciptakan Sebuah Keunggulan Bersaing Melalui Fungsi Manajemen Operasi pada Perusahaan Maskapai Penerbangan: Analisis SWOT Airasia. BISMA Cendekia, 2(1), 30–38.
Daengs GS, A., Kurniasih, N., Reni, A., Istanti, E., Zuhroh, D., & Qomariah, N. (2019). The effect of business sphere on competitive advantage and business performance of SMEs. Management Science Letters, 9(8), 1153–1160. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.4.025
Kansaki, T., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., & Ciamas, E. S. (2021). Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Gen-Z ( Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Cendana Medan ). ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 46–50.
Mtshali, S. S., & Chinyamurindi, W. T. (2021). Determinants of small business performance in a selected region in South Africa : the role of entrepreneurial orientation and competitive advantage. Journal of Contemporary Management, 18(1), 1–20. https://doi.org/10.35683/jcm20089.94
Nursaid. (2017). Pengaruh Etika Bisnis, Kompetensi Inti Dan Strategi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Pada Perusahaan Teknologi Informasi Jawa Timur. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 7(2), 257–272.
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Etika Lingkungan Perusahaan Terhadap Keunggulan Kompetitif: Peran Mediasi Inovasi Produk Hijau. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66.
Situmorang, J. C. J., Hutabarat, F. A. M., Lan, W. P., Nugroho, N., & Lisa, L. (2021). Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. Journal of Economics and Accounting, 2(2), 51–54.
Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Chairi Fazira, Sari Ade Indah, Setiyani Arasyi Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).