Business Sphere terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage pada Kedai Kopi di Kota Medan

Authors

  • Chairi Fazira Universitas Harapan Medan
  • Sari Ade Indah Universitas Harapan Medan
  • Setiyani Arasyi Ayu Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.77

Keywords:

Business Sphere, Business Performance, Competitive Advantage.

Abstract

UMKM di Indonesia telah tumbuh menjadi bagian penting dari sistem perekonomian negara. Lingkungan bisnis (Business Sphere), kinerja bisnis (Business Performance), dan keunggulan kompetitif semuanya berdampak pada UMKM (Competitive Advantage). Salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sedang berkembang cukup pesat di Indonesia adalah usaha kedai kopi. Bisnis kedai kopi atau Coffee  Shop menjadi salah satu bisnis yang sangat prospektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Business Sphere terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage pada kedai kopi di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik kedai kopi di Kota Medan. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Business Sphere berpengaruh terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage sebagai Variabel Intervening dalam pengaruhnya terhadap pemilik kedai kopi di Kota Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, M. R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kedai Kopi Skala Mikro Dan Kecil Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i3.479

Chandra, W., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Menciptakan Sebuah Keunggulan Bersaing Melalui Fungsi Manajemen Operasi pada Perusahaan Maskapai Penerbangan: Analisis SWOT Airasia. BISMA Cendekia, 2(1), 30–38.

Daengs GS, A., Kurniasih, N., Reni, A., Istanti, E., Zuhroh, D., & Qomariah, N. (2019). The effect of business sphere on competitive advantage and business performance of SMEs. Management Science Letters, 9(8), 1153–1160. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.4.025

Kansaki, T., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., & Ciamas, E. S. (2021). Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Gen-Z ( Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Cendana Medan ). ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 46–50.

Mtshali, S. S., & Chinyamurindi, W. T. (2021). Determinants of small business performance in a selected region in South Africa : the role of entrepreneurial orientation and competitive advantage. Journal of Contemporary Management, 18(1), 1–20. https://doi.org/10.35683/jcm20089.94

Nursaid. (2017). Pengaruh Etika Bisnis, Kompetensi Inti Dan Strategi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Pada Perusahaan Teknologi Informasi Jawa Timur. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 7(2), 257–272.

Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Etika Lingkungan Perusahaan Terhadap Keunggulan Kompetitif: Peran Mediasi Inovasi Produk Hijau. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66.

Situmorang, J. C. J., Hutabarat, F. A. M., Lan, W. P., Nugroho, N., & Lisa, L. (2021). Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride. Journal of Economics and Accounting, 2(2), 51–54.

Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Fazira, C., Ade Indah, S., & Arasyi Ayu, S. (2022). Business Sphere terhadap Business Performance melalui Competitive Advantage pada Kedai Kopi di Kota Medan. BISMA Cendekia, 2(3), 122–129. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.77