Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era E-Commerce

Authors

  • Sri Rezki Fatimah Politeknik Cendana
  • Anggia Arif Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v6i1.169

Keywords:

Digital Marketing, Keputusan Pembelian, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di era e-commerce. Strategi yang diteliti meliputi media sosial, iklan digital, email marketing, dan influencer. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (R² = 0,612; p < 0,05). Penerapan digital marketing yang intensif meningkatkan minat, kepercayaan, dan loyalitas konsumen terhadap merek. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi digital yang adaptif dan personal untuk meningkatkan keputusan pembelian. Secara praktis, perusahaan e-commerce perlu mengoptimalkan interaksi digital berbasis personalisasi guna memperkuat keterlibatan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Accounting. (2021). Memahami Koefisien Determinasi Dalam Regresi Linear. Accounting.Binus.Ac.Id.

Accounting. (2024). Memahami Uji T Dalam Regresi Linear. Accounting.Binus.Ac.Id.

Barus, R. E., & Lubis, A. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Optik Melawai Sun Plaza Medan. Jurnal Widya, 5(1), 333–346.

Kania, N. (2020). Digital Marketing (Marketing Strategic In Digital Area). Program Studi Vokasi Humas UI, Jakarta, 1–52.

Riskawati. (2013). Uji Validitas Dan Reliabilitas. Buku Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas, 1–10.

Rosanti, M., & Wirawan, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa/Mahasiswi STIA Tabalong). Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 7, 1408–1422.

Sari P, L. G. P., & Suhardi, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kamar di The Patra Bali Resort & Villas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 2282. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3545

Shofa, H. M., Suyuti, D. M., Hidayat, R. N., & Kusumasari, I. R. (2024). Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian Online: Studi Kasus Konsumen di E-commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 198–208. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jemb

Subroto, V. K., Kusumajaya, R. A., Yunianto, I., & Endaryati, E. (2021). Peran Social Media Dalam Guerilla Marketing Pada Era Digital Marketing. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1).

Susanto, V. I., & Alexander, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan melalui Aplikasi Layanan ShopeeFood di Kota Tangerang. Nikamabi, 2(2).

Tahitu, A., Tutuhatunewa, A. R., & Fadirubun, V. M. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Gaya Kepemimpinan Lurah Milenial di Kota Ambon. Jurnal BADATI, 6(1), 53–72.

Utomo, S., Sutrisno, J., Sinulingga, G., & Dachi, A. (2022). Achieving MSMEs Business Performances by Innovation and Value Chain Through Competitive Advantages. LingCuRe, 8(1), 674–685. https://doi.org/https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS1.2112

Wardhana, A., Pradana, M., Shabira, H., Aji Buana, D. M., Nugraha, D. W., & Sandi, K. (2021). The Influence of Consumer Behavior on Purchasing Decision Process of Tokopedia E-Commerce Customers in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska (ed.)). Edulitera.

Yolanda, F., Egianto, F., Armita, F., Aprilli Wahyuni, L., Uli Sari, M. M., Cahyani, R., Rahayu, S., & Saputri, T. (2024). Studi Literatur: Korelasi Bivariat Menggunakan Uji Korelasi Koefisien Kontingensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18300–18312.

Zed, E. Z., Indriani, S., Wati, S. F., & Bangsa, U. P. (2025). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era E-Commerce. 4, 171–180.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Fatimah, S. R., & Arif, A. (2025). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era E-Commerce. BISMA Cendekia, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.56473/bisma.v6i1.169

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.