Kebijakan Publik dan Minat Beli Masyarakat Studi Kasus UD. Jati Mas

Authors

  • Eka Wulandari Surbakti

DOI:

https://doi.org/10.56473/bisma.v3i3.103

Abstract

Pandemi covid 19 telah banyak membatasi mobilitas masyarakat, namun disisi lain masyarakat harus tetap melakukan kegiatan ekonomi, termasuk kegiatan berdagang dalam memenuhi kebutuhan papan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar kebijakan publik dan minat beli masyarakat terhadap kebutuhan bahan bangunan pada masa pendemik di UD. Jati Mas. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Sei Mencirim Dusun IIA yang berjumlah 1519 orang. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan formula Slovin yang berjumlah 94 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan faktor analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 62,8% varian indikator minat beli masyarakat dapat dijelaskan oleh faktor yang terbentuk, indikator ketidakpatuhan hukum menunjukan 70,2%, pandangan masyarakat sebesar 47,4%, ketidakpastian hukum sebesar 58,8% dan kebijakan bertentangan dengan sistem nilai dimasyarakat menunjukkan angka sebesar 72,8 %. Selain itu diperoleh juga hasil bahwa adanya hubungan positif yang ditunjukkan dari indikator minat beli dan tidak adanya kepastian hukum yang berarti semakin tinggi minat beli dan tidak adanya kepastian hukum yang diberikan pemerintah setempat maka masyarakat akan lebih tertarik untuk membeli bahan bangunan di UD. Jati Mas. Selanutnya disarankan bagi UD. Jati Mas menyediakan lebih banyak lagi poduk yang disediakan agar seluruh kebutuhan bahan bangunan dapat dengan mudah diperoleh dan merupakan keunggulan dibandingkan dengan toko-toko lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwari, M. U., Khuzaini, & Noor, A. S. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Produk Sepeda Motor Honda Di Masa Pandemi Virus Corona, Studi Kasus Cv.Trio Motor Tanjung. Jurnal Universitas Islam Kalimantan, 1(2).

Artaya, I. P. (2018). Analisis Faktor (Factor Analysis) (Issue December). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27644.39047

Indriani, E. (2018). Faktor-Faktor Yang Menentukan Implementasi Kebijakan Publik Studi Kasus Fasilitas Pejalan Kaki dijalan sudirman Kota Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/15806/

Muhammad Rizal, Ria Afrianti, I. A. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bagi Pelaku Bisnis Coffe shop pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 12(1), 96.

Mustari, N. (2015). Pemahaman Kebijakan Publik( Formulasi,Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik). In Leutikaprio (Vol. 1). Leutika Nouvalitera.

Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 41–54. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1772

Sari, A. N., & Suryan, V. (2021). Pandemi Covid-19: Dampak terhadap Pekerjaan Konstruksi. Jurnal Talenta Sipil, 4(2), 214. https://doi.org/10.33087/talentasipil.v4i2.77

Sarwono, Y. (2010). Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 10(3), 98528.

Sitinjak, D. A., Suryawardani, I. G. A. O., & Wijayanti, P. U. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 6(3), 378–386.

Yuniati, M., & Amini, R. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat Ntb. Jurnal Penelitian Manajemen, 2(2), 362–368.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Surbakti, E. W. (2023). Kebijakan Publik dan Minat Beli Masyarakat Studi Kasus UD. Jati Mas. BISMA Cendekia, 3(3), 69–74. https://doi.org/10.56473/bisma.v3i3.103